Kamis, 08 Januari 2009

gak ada lagi Meses gratis??!! simak artikel berikut ini...

Maraknya promosi SMS gratis antarjaringan (offnet) dinilai menyebabkan persaingan yang tidak sehat antaroperator telekomunikasi. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan pelanggan dan trafik pada jaringan yang hanya dikuasai operator besar dengan jangkauan yang luas.

"Depkominfo sudah mengirimkan surat larangan soal SMS gratis ini. Saat ini sedang menunggu respon dengan para operator," kata Dirjen Pos dan Telekomnunikasi Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar usai Pemaparan Kinerja Depkominfo 2008, di Gedung Depkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (31/12). Basuki mengungkapkan, pengiriman SMS gratis hanya diizinkan di jaringan operator tersebut (onnet).

Menurut Basuki pengiriman SMS di jaringan onnet tidak akan merugikan operator lain. Lagipula ini dapat dianggap sebagai nilai tambah yang diberikan kepada pelanggannya.

Sedangkan pemberlakukan SMS gratis antarjaringan menyebabkan provider besar akan menarik pelanggan untuk beralih. Bagi perusahaan, hal ini tidak masalah karena akan semakin banyak yang menggunakan layanan dan terus menggunakan pulsa agar memenuhi syarat untuk bisa mendapat SMS gratis.

"Atas hal ini mulai awal tahun depan diharapkan para provider sudah memberikan respon atas surat yang kita kirimkan," ujar Basuki. Pemberlakuan ini akan berlaku untuk semua operator tanpa kecuali.

Meskipun demikian, Basuki tidak menampik kemungkinan ada program pengiriman gratis antarjaringan. Namun, hal tersebut harus diatur bersama melalui kesepakatan di antara operator-operator telekomunikasi sebagai wujud persaingan sehat.

12 komentar:

junaidi mengatakan...

Ya kalau sms gratis sih bole2 ajak, sbg konsumen sih tentu senang.
Namun yang perlu diperhatikan juga kelancaran dan jaringan dari operator tersebut.

JoHaN mengatakan...

betul gue stuju ama pendapat jun. banyak yang ngeluh krn banyk operator yang tidak menyiapkan kualitas jaringan yang baik. bahkan udah diadakan polling lagi.

Anasthasia_Fransiska mengatakan...

sms gratis sih gak terlalu ngaruh ke aku yah..lawong aku pake halo..hehehehe
sebenernya operator ingin menarik pelanggan dengan cara membuat pelanggan puas dengan sms gratis yang diberikan.tapi kalo nelpon pasti mahal juga... ada tarik ulurnya lah

LZ mengatakan...

kalo sms gratis berhenti, gmn dgn nasib pemakai kartu xl bebas???sms gratis nya???waaaa..tul tuh yg di blg ajun, jgn jelek sinyal na..mank biasa mereka gak perhatikan layanan sih..main lucurkan aja tuh promosi..

1k54N mengatakan...

wew

mana seru jang

gak usah pake xl dah neh
hp buang dah

pake flexy jak

Emilia mengatakan...

sebagai konsumen,bukan seneng lagi bisa msg gratis,tapi udah seneng banget, asal kelancaran pengiriman nenjadi prioritas,hehe...

AR1F1N mengatakan...

Betul itu... sms gratis ma semua org pst sk... tp jgn smsnya gratis, tp srg gangguan pny... kl itu sich pyh e...

Yulianty mengatakan...

san..klo mo buang hp l, buang ja ke uma g ya..siap menampung kog..huahahah^^

iya tu...mgkin karna rame nya yg sms gratis..jadinya jaringan nya jadi ga bagus geto..

Reny_cute mengatakan...

hmmm
sms gratis yah
kita sebagai konsumen tentu nya yang akan dengan senantiasa menerima nya hahaha..
kalo bisa telepon juga dong yang gratis, jadi gak perlu buang2 biaya pulsa hahhaha. XL jaringan di tempat g kurang bagus tuh

lenyleny mengatakan...

SmS gratis??? hue G Butuh bgt tuh... jangan ampe gak ad program bgtan lagi e.. bisa stress gw ho3x...
yang ptg jaringan nah itu loh jangan sangsut mulu...

WhatZ_Up mengatakan...

Ngak Masalah jg sich... snya tarif SMS kan rata2 uda rendah jg... tapi gimanapun biasanya org lbh suka yg gratisan...hehe ya paling ga ada sms gratis ya persaingan tarif de...

sweet-cherry mengatakan...

Zmz Gratizzz????
mao dunx....
tapi kalo sms gratiz git, kena gangguan ga tu...
biasanya kan sering gangguan tu kalo ada mz gratiz....